Empat Mahasiswa Teknik Elektro Ikuti Magang Kerjasama dengan PT Rekaindo Global Jasa dalam Studi Kasus Sistem Kontrol DC Chopper pada Kereta Rel Listrik Indonesia

PT Rekaindo Global Jasa merupakan Badan Usaha Milik Negara di bawah manajemen PT. INKA, perusahaan konsultan engineering dan pendukung komponen kereta api yang berbasis di Madiun. Rekaindo bertanggung jawab untuk mendukung PT. INKA dan anak perusahaannya terkait dengan sistem perkeretaapian Indonesia. Program Studi Teknik Elektro UNY di PT Rekaindo Global Jasa berkolaborasi dalam perancangan sistem kendali kereta api listrik (KRL) Indonesia. Mahasiswa program studi teknik elektro UNY merancang sistem kendali Indonesia (KRL) di lingkungan PT Rekaindo Global Jasa. Setiap siswa mendapat bimbingan dan pendampingan serta pengalaman berharga. Waktu pengerjaannya adalah 4 bulan, dan mahasiswa akan bekerja sama menyelesaikan skenario yang dibutuhkan untuk sistem pengendalian pada KRL Indonesia. Pada saat yang sama, mahasiswa melakukan proses pembelajaran, pelatihan, observasi, dan lain-lain yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan ditekuninya, khususnya di KRL.

Saat program dimulai pada Agustus 2022, akan ada empat orang mahasiswa dari prodi S1 Teknik Elektro yang mengikuti program ini yakni Muhammad Minto Aji Shodiq (TE’20), Asnan Munandar (TE’20), Thoriq Fadhlurrohman Huda (TE’20), dan juga  Ade Pengalasan (TE’20). Tentunya sebelum program kerja berlangsung mereka dilatih terlebih dahulu sebelum proses pembuatan sistem kendali di KRL. Selama studi ini, mahasiswa akan berkontribusi pada PT Rekaindo dan setiap mahasiswa akan mendapatkan fasilitas yang sama. Pada awal proses pembelajaran, mahasiswa mengikuti pelatihan praktek dan kegiatan praktikum khususnya pada perancangan sistem kendali di KRL. Namun, mereka juga berperan dalam kegiatan pekerjaan yang lain seperti projek bus listrik KTT G20, projek KRDE PNM.

Empat bulan kemudian, program diluncurkan dan diharapkan dapat memperbaiki sistem penggerak motor traksi yang rusak pada rangkaian konverter semikonduktor KRL (thyristor dan GTO) yang suku cadangnya sulit ditemukan di pasaran. Juga teknologinya sudah sangat tua dan memiliki potensi interferensi yang tinggi sehingga direkomendasikan untuk mengganti sistem konverter tegangan daripada motor traksi pada KRL di Indonesia. Berdasarkan pengalaman yang diperoleh mahasiswa, program matching fund ini sangat berkesan untuk memperluas ilmu dan pengetahuan terutama terkait kereta. Kolaborasi ini diharapkan dapat membentuk hubungan baik antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan PT Rekaindo Global Jasa. Selain itu dengan adanya kolaborasi perguruan tinggi dengan industri, program ini bertujuan mengembangkan kemajuan teknologi di Indonesia.