Menjadi Best Mentee dan Project Manager, Mahasiswa Teknik Elektro Sukses Selesaikan Magang Merdeka MSIB Batch 2 & 3

Siapa yang tidak kenal dengan program MSIB? Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat dibawah naungan Kemendikbud pada program Kampus Merdeka ini sukses mengambil atensi mahasiswa se-Indonesia. Telah berlangsung selama 3 semester sejak dirilis di tahun 2021, program ini memiliki animo yang tinggi bagi seluruh mahasiswa yang berada di semester ke-5 dan dalam periode magang.

Termasuk dalam salah satu mahasiswa yang mendapatkan kesempatan sebagai peserta MSIB Batch 2 dan Batch 3, M. Hilal Yahya Hidayat (TE’19) dengan fokus konsentrasi studi pada sistem otomasi dan kendali. Hilal menyatakan “Saya selama ini memiliki interest yang tinggi terhadap sistem kendali yang ada pada kendaraan listrik otonom (AV).” Sangat aktif berkontribusi pada  tim Riset Mobil Garuda UNY telah berhasil membawanya pada banyak project yang sukses memperoleh penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Berbekal pengalamannya sebagai electrical specialist di tim Garuda UNY, membuatnya berkesempatan untuk mengikuti magang MSIB Batch 2 dan 3 di PT Stechoq Robotika Indonesia sebagai Hardware Engineer. Pengalamannya selama magang di batch ke-2 membawanya mendapatkan predikat best mentee diantara peserta magang lainnya. Tak hanya itu di batch ke-3 ia tetap menunjukkan kemampuan serta kompetensi yang dimilikinya, sehingga berhasil membuatnya terpilih menjadi project manager untuk project Autonomous Mobile Robot (AMR). “AMR diimplementasikan pada industri untuk membawa barang-barang pada production line dan warehousing.” Ungkapnya.

Hilal memaparkan kegiatan yang dilakukannya selama menjadi project manager ia banyak belajar mengenai management project dan bertanggung jawab terhadap project yang dikembangkan. Kegiatan-kegiatan tersebut dimulai dari memanage tim dalam pengembangan AMR, mendesain sistem kontrol pada AMR, mengembangkan hardware AMR serta firmware AMR berbasis Prosesor ARM Cortex M4 sekaligus sistem navigasi otonom berbasis framework Robotic Operating System (ROS). Kinerja dan hasil capaian yang luar biasa ini membuatnya terpilih sebagai the best mentee of all dan juga the best project manager.

Kegiatan magang  PT Stechoq Robotika Indonesia berbasis project real. Pada awal kerja, peserta magang diberi materi pembekalan terkait posisi yang didapatkan. Kemudian setelah itu akan dibuatkan tim yang terdiri dari mahasiswa yang berasal dari multidisiplin ilmu karena bidang project yang ada sendiri meliput manufaktur, Kesehatan, Pendidikan, peternakan. “Magang di PT Stechoq Robotika Indonesia sebagai Hardware Engineer. baginya merupakan kesempatan yang luar biasa, peserta magang tidak hanya diberikan pekerjaan yang mudah. Namun diberikan project real yang harus diselesaikan. Dengan ini, mau tidak mau peserta magang harus berpikir ekstra untuk menyelesaikan project yang diberikan, skill technical maupun soft skill sangat terasa ketika magang di sini.” Ungkap Hilal.