PROGRAM VISITING PROFESSOR, “DIGITAL TRANSFORMATION E-LEARNING IN RUSSIA” MENGHADIRKAN AHLI DARI RSVPU, RUSSIA

Prodi S1 Teknik Elektro, FT UNY telah melakukan kerja sama dengan Russian State Vocational Pedagogical University (RSVPU), Rusia. Telah dilaksanakan kegiatan Program Visiting Professor, pada Senin, 29 November 2021 lalu. Program Visiting Professor ini bertajuk Digital Transformation : E- Learning in Russia dengan pembicara Dr. Natalia Lomovtseva dan dimoderatori oleh Muhfizaturrahmah, M.Eng salah satu dosen Prodi S1 Teknik Elektro, FT UNY.

Transformasi digital khusunya pada e-learning menjadi isu yang masih sangat hangat menjadi perbincangan di era sekarang.. Pada kesempatan kali ini Dr. Natalia Lomovtseva banyak memberikan pandangannya mengenai e-learning yang berlangsung di Rusia. Program ini diawali dengan perkenalan di mana tempat asal beliau yakni Ekateriburg, Rusia. Beliau juga menjelaskan latar belakang persoalan yang dihadapi di masa pandemi seperti sekarang melanda hampir seluruh dunia, apalagi di bidang pendidikan. Beliau menyatakan jika “Education is one of the most important areas of human activity, and education is a priority”

 

Beliau juga menyampaikan beberapa perubahan yang terjadi pada e-learning, terutama penggunaan media elektronik untuk menyampaikan serta menyelenggarakan pembelajaran dan training yang lebih fleksibel sebagai salah satu kelebihan dari e-learning itu sendiri. Beliau juga menyampaikan gambaran e-learning yang terjadi di Rusia, mulai dari blended learning, online course with tutor serta self-paced learning.

Dari semua paparan mengenai transformasi digital yang mengharuskan pembelajaran dialihkan pada mode daring, Beliau tetap melihat serta menganalisis dampak dari COVID-19 itu sendiri dari sisi yang positif. Dampak yang dirasakan tersebut dilihat dari mahasiswa dan juga tenaga pengajar. Bagi mahasiswa benefits yang dirasakan adalah

  1. Tidak melakukan mobilitas dan waktu lebih untuk melakukan pembelajaran, karena pembelajaran dapat dilakukan dimanapun.
  2. Dapat menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi
  3. Mendapatkan berbagai kemudahan dalam mengerjakan tugas-tugas rumah yang diberikan.
  4. Lebih dekat dan dapat menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang terdekat lebih lama, dan masih banyak lainnya.

            Pandemi dan dampak yang ditimbulkan memang merupakan sesuatu yang tidak dapat dikendalikan, namun kegiatan pembelajaran dan dunia pendidikan tetap harus berjalan sebagaimana mestinya. Tentunya dari pandemi COVID-19 ini masih banyak manfaat dan hal yang harus dikembangkan. Lewat antusiasme mahasiswa yang mengikuti workshop yang berjudul “Digital Transformation : E- Learning in Russia” ini mahasiswa diharapkan agar lebih antusias dan memiliki semangat yang tinggi meskipun pembelajaran yang dilakukan merupakan pembelajaran berbasis e-learning.