Rancang Aplikasi Berbasis Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran bagi Agama Islam Mahasiswa Elektro Berhasil Meraih Juara 2 pada CARTESION UNY 2022

UNY National CARTESION adalah Kompetisi Nasional yang diselenggarakan secara online oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk menjaring ide atau gagasan cemerlang serta memfasilitasi mahasiswa untuk berkarya dan mengembangkan kreativitasnya baik dalam bidang pendidikan, kewirausahaan, olahraga maupun seni.

Tim Fantastic 3 yang diketuai oleh Marshanda Alfa Amaria (TE’21) dan rekannya Windu Lestari (TE’21) berhasil mendapatkan juara ke-2 pada kategori Pengembangan Media Pembelajaran. Tentunya mereka sangat tidak menyangka jika inovasi yang diikutsertakannya dalam kompetisi ini dapat berjaya dan memperoleh juara. Marshanda mengungkapkan jika “Mengikuti perlombaan inovasi di bidang yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang beragam sangatlah mengasyikan. Terutama inovasi kelompok kami dalam CARTESION ini kami menggabungkan aspek-aspek teknologi dalam pemenuhan kebutuhan pembelajaran yang bersifat religi.”

Di lain sisi Windu juga mengatakan jika “Terdapat tantangan khusus ketika mengikuti perlombaan inovasi, terlebih saya yang memiliki basic sebagai graphic designer yang mengimplementasikan ide dari teman-teman di tim dalam bentuk mock up design”. Walaupun perlombaan ini baru merupakan tantangan inovasi dalam mewujudkan media pembelajaran, mereka merasa semakin tertantang untuk menciptakan inovasi-inovasi di bidang teknologi lainnya kedepannya. Mereka berharap agar dapat terus berproses dan berkembang selama menempuh pendidikan di prodi Teknik Elektro.

“Walaupun menjadi seorang mahasiswa teknik elektro, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba setiap kesempatan yang ada untuk menciptakan sesuatu yang berbeda, mengikuti berbagai macam perlombaan di bidang bisnis, inovasi, LKTI, atau lainnya tidak menjadikan jurusan yang kita tempuh sekarang sebagai penghalang untuk mengikutinya.” Ujar Marshanda selaku ketua tim.