ROBOT ROSEMERY UNY JUARA 1 REGIONAL 2 LOMBA KRI 2020

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih juara 1 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 2 tahun 2020 divisi Robot Seni Tari. Kegiatan KRI Regional 2 dilaksanakan secara daring pada 9-11 Oktober 2020 dengan cakupan wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi.
Robot seni tari UNY yang diberi nama Rosemery menampilkan tari Burung Enggang dari suku Dayak Kenya, Kalimantan Timur. Tari Burung Enggang memang tarian yang dijadikan tantangan dari panitia KRI. Pada perlombaan ini Tim Rosemery tampil memukau sehingga pendapat penghargaan sebagai juara 1.
Dengan berhasilnya Rosemery menjuarai KRI 2020 tentu menjadi hal yang sangat membanggakan bagi Universitas Negeri Yogyakarta, khususnya Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik. Mengapa Demikian? Karena salah satu anggota tim robot Rosemery adalah mahasiswa Program Studi Teknik Elektro. Leandra Okta Nur Pratama menjadi bagian dari kesuksesan tim Rosemery.
Karena adanya pandemi, kontes robot yang semula akan dilaksanakan pada Juli 2020 sempat diragukan pelaksanaannya. Namun akhirnya pihak penyelenggra menginfokan, bahwa lomba tetap dilaksanakan tetapi secara online pada bulan Oktober 2020.
Persiapan yang dilakukan dimulai dari persiapan tim yang berkualitas sekaligus persiapan robot. Untuk persiapan robot sebenarnya sudah dipersiapkan dari sebelum pandemi. “Tapi sempat terhenti karena lockdown, walaupun setelah diizinkan akhirnya kami riset lagi” ujar Julizar ketua Tim Rosemery.
Untuk persiapan lomba Regional 2, tim memulainya dari merancang baju hingga programming gerak tariannya. Perjalanan Rosemery menjadi juara juga tidak mudah, karena harus bertanding dengan tim robot unggulan dari kampus lain. Julizar mengaku, saat lomba sempat tertinggal dari tim lain pada babak penyisihan, yang membuat UNY menempati posisi ketiga. Namun, tim berusaha semaksimal mungkin memperbarui Rosemery agar lebih baik dalam satu malam, dan berhasil. Selain divisi robot seni tari, tahun ini UNY sukses jadi juara dua Kontes Robot Sepak Bola Beroda dan juara tiga Kontes Robot Sepak Bola Berkaki.