Berawal dari Hobi, Mahasiswa Elektro Juarai Turnamen Catur tingkat Nasional

Di balik kesibukan dunia perkuliahan dan tugas akademis yang padat, Riziek Syahrul Ramdhani (TE’21) seorang mahasiswa elektro tetap menekuni hobinya bermain catur. Tidak disangka ternyata, hobi ini membawa dirinya ke prestasi yang tidak disangka. Dalam beberapa tahun terakhir, Ia berhasil menjuarai beberapa turnamen dan perlombaan catur tingkat nasional.

Ditengah kesibukan berkuliah, Riziek tetap menyempatkan diri untuk bermain catur, bahkan bergabung dalam komunitas catur di kampusnya. Menurutnya, catur memberinya kepuasan tersendiri dan membantunya untuk memperbaiki kemampuan berpikir dan konsentrasi.

Prestasi Riziek dalam dunia catur dimulai dari sebelum Ia menjadi seorang mahasiswa. Hal tersebut terus berlanjut hingga pada tahun 2022, Ia berhasil menjuarai turnamen catur di tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Syiah Kuala yang diikuti oleh 106 peserta yang berasal dari 48 perguruan tinggi se-Indonesia. Keberhasilannya ini membuatnya semakin bersemangat untuk mengikuti turnamen-turnamen catur lainnya. 

Setelah sukses di tingkat nasional, Riziek berharap agar dapat menjuarai dan menjadi delegasi nasional di tingkat Internasional. Ia yakin dengan terus giat berlatih skil bermain caturnya akan semakin meningkat meski menghadapi peserta-peserta yang lebih berpengalaman. 

Baginya kunci utama memenangkan sebuah pertandingan atau turnamen catur adalah sebuah persiapan yang matang “Saya mempersiapkan pertandingan dari  jauh-jauh hari agar nantinya saya mendapatkan apa yang saya inginkan atau dalam kata lain usaha tidak akan mengkhianati hasil.” ujarnya. Selain itu tantangan terbesarnya sendiri yang diungkapkannya adalah mentalitas dan jiwa pemenang.

Ia mengungkapkan bahwa “Tantangan terbesar yang saya hadapi dalam bermain catur mungkin lebih ke mental sih, karena sejago dan secerdas apapun kalau mental seseorang down dan tidak berkonsentrasi dengan baik pasti peluang untuk kalah lebih besar daripada menangnya sendiri.” Baginya, catur bukan hanya sekedar hobi atau kegiatan untuk mengisi waktu luang. Melainkan catur adalah sebuah seni dan olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan ketekunan.

Riziek percaya jika hobi yang ditekuni dengan baik dan gigih akan membuahkan hasil yang sepadan. Riziek juga berpesan kepada mahasiswa yang memiliki hobi namun kebingungan menyalurkan bakat dan kemampuannya. Ia berpesan jika “Sebagai mahasiswa selain belajar dengan giat, pantang menyerah dan semangat yang tinggi. Hobi dan passion kita harus tetap kita tekuni. Barangkali hal tersebutlah yang membawa kita ke jalan yang tidak pernah kita duga.”