Raih Penghargaan Mahasiswa Elektro Sabet Desain Terbaik pada Polines Robotic Competition (PRC) 2023

Tak henti-hentinya mengukirkan prestasi di berbagai bidang kejuaraan mahasiswa elektro selalu mengelaborasi bakat dan kemampuannya di bidang elektro dan karya ilmiah. Kembali lagi dengan lomba robotika yang kali ini berhasil dimenangkan oleh Tim Black Trident yang diketuai oleh Indra Kurniawan (TE’20) dengan anggota Ilham Ananta Baharudin (TE’20), Marshanda Alfa Amaria (TE’21) serta teman-teman dari program studi lainnya. 

Tim Black Trident ini berhasil meraih Juara Best Design pada Lomba Robot Transporter tingkat umum pada Polines Robotic Competition (PRC) 2023. Perlombaan ini diselenggarakan oleh UKM Pengembangan Pengetahuan Politeknik Negeri Semarang sejak tahun 2008 dengan berbagai program inovasi. Pada tahun ini PRC - XIV diselenggarakan pada 11 - 12 Februari 2023 dengan tema “Promoting Technology Proficiency through Cooperation and Adaptation in Era of Society 5.0”. 

Perlombaan ini dilakukan secara daring melalui platform zoom meeting. Panitia sendiri menyebutkan bahwasannya “Untuk menjangkau peserta lebih luas terutama peserta dari luar kota bahkan luar pulau yang memiliki minat dan antusiasme dalam mengembangkan pengetahuan di bidang robotika dapat mengikuti serangkaian kegiatan PRC tanpa ada hambatan jarak.” Peserta yang mengikuti perlombaan ini diikuti oleh SMP/sederajat, SMA/ sederajat, dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Robot yang dilombakan berupa robot transporter dimana robot akan berlomba dengan konsep memindahkan dan menata barang/paket di dalam gudang ekspedisi sesuai dengan jenis dan kemana tujuan barang akan diantarkan oleh kurir nantinya. 

Tingkat keberhasilan misi dinyatakan dengan barang yang benar - benar sampai sesuai tujuannya dengan catatan waktu yang singkat. Tim Black Trident melalui rangkaian acara lomba mulai dari sosialisasi, visitasi daring, technical meeting, running test, dan perlombaan berhasil meraih kategori Best Design dalam Kompetisi Polines Robotic Contest (PRC) – XIV yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Pengetahuan Politeknik Negeri Semarang ini.