Ketuai Tim Inti Werkudhara, Mahasiswa Teknik Elektro berhasil Meraih Juara ke-2 pada KRTI tingkat Wilayah II 2023

Pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023, mahasiswa Teknik Elektro, Harun Taufik (TE'21) memainkan peran penting dalam tim Werkudhara Vertical Landing Take-Off (VTOL) UNY. Mereka berhasil meraih Juara ke-2 tingkat Wilayah II dalam kompetisi ini. 

Tim Werkudhara VTOL merupakan salah satu divisi dalam KRTI yang memiliki tema "Misi Terbang Otonom Jarak Jauh dengan Kemampuan Terbang di Dalam Ruangan". Dalam divisi VTOL, mereka mengembangkan inovasi yang luar biasa, yakni membangun quadcopter dengan kemampuan obstacle avoidance untuk terbang aman di dalam ruangan dan melakukan image processing untuk mengidentifikasi objek yang akan diambil dan dijatuhkan ke tempat yang ditentukan. Quadcopter ini juga mampu menjalankan misi outdoor dengan melepaskan potongan-potongan kertas sebagai analogi dari muatan untuk rekayasa cuaca.

Harun memegang peran ganda dalam tim ini, selain mengetuai tim inti Ia juga berperan sebagai pilot dan elektronik. Sebagai pilot, tanggung jawabnya mencakup uji coba untuk memastikan quadcopter beroperasi secara stabil, serta memantau jalannya misi otonom jika terjadi kesalahan. Sebagai divisi elektronik, Ia merangkai rangkaian elektronik dan melakukan penyesuaian parameter pada quadcopter untuk memastikan kinerjanya yang optimal.

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, Harun tidak memiliki pengalaman dalam bidang robotika. Namun, ketertarikannya pada sistem robot terbang mendorongnya untuk bergabung dalam tim ini. Mengemban tanggungjawab yang besar dan berpengaruh dalam pencapaian tim, terutama dalam hal elektronik dan sebagai pilot. Ia juga memberikan masukan terkait logika pemrograman yang diaplikasikan agar quadcopter dapat menjalankan misi dengan sukses.

Tantangan besar muncul saat KRTI nasional, di mana cuaca dan angin yang kencang di lapangan terbuka membuat quadcopter tidak stabil meskipun desainnya telah diatur se-aerodinamis mungkin. Komunikasi melalui jaringan WiFi juga mengalami intervensi, menyulitkan perubahan program yang akan dijalankan.

Meskipun begitu, semua anggota tim harus bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik untuk menghadapi tantangan ini. Prestasi Juara 2 tingkat Wilayah II pada KRTI 2023 menjadi bukti bahwa kerja keras tim Werkudhara VTOL telah membuahkan hasil. Meskipun belum meraih penghargaan di tingkat nasional, prestasi ini menjadi motivasi bagi mereka untuk terus berkembang dan meraih kesuksesan lebih besar di masa depan.

Harun Taufik juga memberikan pesan inspiratif kepada rekan-rekan di bidang Teknik Elektro, bahwa kegigihan dan semangat pantang menyerah adalah kunci untuk meraih tujuan yang diinginkan, meskipun dalam perjalanan seringkali dihadapkan dengan kegagalan. Semua pengalaman tersebut menjadi modal berharga untuk masa depan yang lebih baik.