Dua Mahasiswa Elektro Berhasil Juarai Kontes Robot Sar Indonesia pada KRI 2022

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Di tahun 2022 ini merupakan penyelenggaraan ke-20 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu. Pada tahun ini Kontes Robot Indonesia tahun 2022 mempertandingkan 6 (enam) divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

KRI Nasional 2022 diselenggarakan secara luring untuk pertama kalinya setelah pandemi. Kegiatan ini diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya pada 29 Juni - 3 Juli 2022. Dengan melakukan riset dan juga persiapan yang amat matang dari satu tahun sebelum diselenggarakannya perlombaan. Tim Garengpunk KRSRI UNY optimis akan jerih payah dan usahanya dalam membuat robot dengan misi memadamkan api serta menyelamatkan korban pada arena yang ditentukan, dapat menjadi salah satu robot yang kuat bersaing dengan seluruh robot yang dilombakan. Untuk Universitas Negeri Yogyakarta sendiri masuk di wilayah II untuk kategori regionalnya yang biasanya terdiri dari universitas-universitas yang berada di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Pulau Bali, hingga  Pulau Sulawesi. Tentunya untuk mengikuti KRI di tingkat nasional memerlukan usaha yang terbilang sedikit sulit sampai benar-benar dinyatakan sebagai finalis dari KRI Nasional itu sendiri. Untuk Kontes Robot Sar sendiri diikuti oleh 99 tim dari Wilayah untuk memperebutkan posisi sebagai finalis agar dapat melaju ke KRI Nasional.

Dengan segala bentuk dan usaha yang telah dikerahkan tim Garenkpunk UNY berhasil menduduki posisi Juara Harapan di KRI Wilayah II Kontes Robot Sar Indonesia dan juga KRI Tingkat Nasional Kontes Robot Sar Indonesia. Dengan penuh rasa bangga atas jerih payah dalam proses pembuatannya, telah banyak sekali sumbangsih Divisi Robotika UNY dalam mengharumkan nama UNY dalam kontes robotika. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah batu loncatan serta evaluasi kembali kedepannya akan target-target yang ingin dicapai. Tak berhenti sampai disini mereka pun tetap optimis dapat memperoleh reward dan penghargaan yang lebih dari tahun ini untuk tahun-tahun berikutnya.

Hal ini juga menjadi momentum pertama bagi kedua mahasiswa Teknik Elektro yang ikut andil berperan dalam tim Garengpunk KRSRI UNY diantaranya Abdi Akbari (TE’21) sebagai programmer dan juga Iqbal Bachrul Alam (TE’21) yang mengemban role sebagai mekanik. Keduanya mengungkapkan jika KRI ini bukanlah sebuah event tahunan yang hanya diikuti begitu saja oleh para kontingen KRI. Namun, disini juga dapat menjadi kesempatan kita menunjukkan taring kepada dunia luar jika UNY pun punya potensi serta sumber daya yang berkualitas dan berdaya saing di bidang robotika. “Pengalaman ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa dapat berperan dan memberikan kontribusi dalam membuat robot dengan misi khusus penyelamatan, hal-hal yang belum saya pelajari di tahun pertama pun dapat saya pelajari di tim robot ini.” ungkap Abdi selaku programmer  Dari sisi yang berbeda Iqbal pun menyatakan  “Dapat memberikan hasil yang terbaik serta berkontribusi hingga menjadi juara bukanlah sesuatu yang mudah, tentunya terdapat kebanggan sendiri dalam diri saya membawa nama Elektro di dalam tim, serta UNY di tingkat Nasional.”