Tergabung Dalam Tim Mobo Evo, Mahasiswa Teknik Elektro Peroleh 3 Penghargaan pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Divisi Robot Beroda 2023

Keberhasilan dan prestasi luar biasa tak henti memancar dari mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sigit Putra Giantara (TE’22). Pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023, Sigit menorehkan prestasi gemilang dengan meraih posisi Juara 2 pada Divisi Robot Beroda (KRSBI-B) di tingkat Nasional dibarengi dengan perolehan Desain Terbaik. Tak hanya itu timnya juga berhasil menduduki Juara 1 Divisi Robot Beroda (KRSBI-B) di tingkat WIlayah 1. Perjalanan menuju kesuksesan ini sarat dengan dedikasi dan semangat juang yang tinggi, khususnya di dunia robotika.

KRI telah menjadi ajang paling dinanti bagi para penggemar robotika, di mana inovasi dan kreativitas bersaing menjadi yang terbaik. Divisi Robot Beroda (KRSBI-B) menjadi panggung bagi para peserta untuk menampilkan robot ciptaan mereka dalam menghadapi tantangan-tantangan menarik. Walaupun baru menempuh semester ke-2 perkuliahan, Sigit Putra Giantara membuktikan bahwa durasi belajar bukanlah batasan untuk meraih prestasi. Dengan antusiasme yang menyala-nyala, ia mempersiapkan diri untuk tampil maksimal di KRSBI-B yang bergengsi.

Sebagai anggota bagian mekanik tim Mobo, peran Sigit Putra Giantara dalam perancangan dan pengembangan robot sepak bola menjadi kunci kesuksesan tim. Sejak awal, tim Mobo telah menunjukkan keahlian luar biasa dalam merancang, mengembangkan sistem mekanik, elektronik, dan program robot sepak bola yang inovatif dan efisien. Sebelumnya, Sigit memang berminat dalam bidang robotika, namun fokusnya sempat berubah saat mempersiapkan kuliah di UNY. Namun, minat dan antusiasmenya tak pernah luntur. Ia terpesona oleh teknologi canggih dan perkembangan bidang robotika yang tak pernah berhenti, serta prospek kerja yang menjanjikan.

Peran Sigit dalam bagian mekanik tim Mobo memiliki dampak signifikan terhadap kesuksesan mereka. Kerjasama erat dengan anggota mekanik lainnya dan kemampuan dalam merancang sistem mekanik yang handal menjadi faktor kunci bagi keberhasilan robot dalam menghadapi tantangan kompetisi.Kolaborasi efektif dengan anggota bagian lain memastikan semua aspek robot beroda terintegrasi dengan baik, menghasilkan robot yang efisien, handal, dan siap bersaing di tingkat kompetisi regional dan nasional. Kerja tim yang solid dan saling menghargai kontribusi anggota menjadi modal kuat bagi Mobo untuk terus berprestasi di dunia robotika sepak bola beroda.

Sigit dan tim Mobo merancang serta mengembangkan sistem mekanik robot beroda untuk meningkatkan performa dan manuver robot sepak bola mereka. Ia juga aktif berkolaborasi dengan anggota bagian elektronik dan program untuk memastikan integrasi yang baik antara sistem mekanik dan bagian lain dari robot. Tak hanya itu, Sigit juga terlibat dalam pengujian, optimasi, dan perbaikan kinerja robot di lapangan, yang berkontribusi besar pada keberhasilan tim Mobo di kompetisi regional dan nasional.

Penghargaan yang diraih tim Mobo menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Sigit, terutama karena ini adalah pengalaman pertamanya. Ia merasa bersyukur atas doa, usaha, dan kerja keras timnya yang membuahkan prestasi gemilang ini. Sigit ingin berterima kasih atas dukungan dan semangat dari teman-teman di Prodi Teknik Elektro UNY. Ia menyadari bahwa prestasi ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi tim yang luar biasa. Hal ini juga menjadi pemicu bagi mereka untuk terus berinovasi, semangat dalam belajar, dan meraih prestasi lebih besar di masa depan.