Mahasiswa Teknik Elektro Berhasil Memperoleh Kategori Best Design dalam Kompetisi TECHNOGINE 2023

TECHNOGINE adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh Telkom University yang diikuti oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dalam kompetisi ini pesawat yang dilombakan yaitu kategori Aeromodelling dengan jenis pesawat low-cost manufacture yang menggunakan cover bahan plastik dan kerangka diperkuat dengan material fiber sehingga cocok untuk diterbangkan dalam ruangan. Keikutsertaan Universitas Negeri Yogyakarta dalam lomba TECHNOGINE ini sebagai bentuk keaktifan dalam mengikuti kompetisi – kompetisi pada bidang robotika.  

Bentuk partisipasi Tim Robot Terbang UNY dalam mengikuti lomba yaitu dengan mengirimkan dua tim yaitu Tim Thunderwing dan Tim Rejetion dengan beberapa anggota diantaranya berasal dari S1 Teknik Elektro. Indra Kurniawan (TE’20) sebagai ketua sekaligus pilot dari tim Thunderwing, Ilham Ananta Baharudin (TE’20) sebagai ketua serta pilot dari tim Rejetion serta Marshanda Alfa Amaria (TE’21) sebagai official manager tim Thunderwing.

Perlombaan Pattern 3D Aeromodelling ini dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 Januari 2023 dengan persiapan yang dilakukan satu bulan sebelumnya. Agenda perlombaan yang dilakukan kedua tim dimulai dari proses registrasi, opening ceremony, pitching, free trial, dan melakukan misi terbang. Misi terbang dilakukan dengan take off lalu memasuki kotak start dengan posisi normal dan tentunya melewati 10 jenis obstacles yang berbeda.

Memasuki obstacle pertama dengan posisi normal, kemudian pesawat diminta melakukan putaran sebanyak 3 kali mengelilingi tiang pada daerah yang diberi warna merah. Kemudian membelok dan masuk ke kotak obstacle ke-2 sampai ke kotak obstacle ke-5 secara sinusoidal (naik turun) dan zig zag (kanan kiri) secara bersamaan. Lalu membelok melewati bendera sebagai obstacle ke-6 dengan posisi knife edge (90°) dan memasuki hoop sebagai obstacle ke-7. Kemudian keluar hoop dan melewati bendera kembali sebagai obstacle ke-8 dengan posisi knife edge (90°). Setelah melewati bendera ke-8, pesawat menuju obstacle 9 dengan posisi rolling sebanyak 3 kali. Kemudian pesawat melakukan looping pada obstacle 10. Setelah selesai melakukan looping, pesawat belok menuju kotak finish dengan posisi normal.

Mewakili Robotika UNY Tim Rejetion dan Tim Thunderwing telah mempersembahkan penampilan terbaiknya. Dengan hasil dari perlombaan yang diikuti oleh kurang lebih 14 tim yang berasal dari 11 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia Tim Thunderwing berhasil mendapat penghargaan Best Desain dalam kategori Aeromodelling pada lomba TECHNOGINE 2022. Awarding dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2023 di Gedung Serbaguna Telkom University.