Ketuai Tim Rosemery pada Kontes Robot Tari KRI 2022 Mahasiswa Elektro Berhasil Bawa Tim Menjadi Juara

Perhelatan Kontes Robot Indonesia atau (KRI) selalu menjadi ajang bagi setiap universitas untuk menunjukkan taringnya di tingkat nasional. Hal ini juga membuat beberapa divisi dari tim KRI UNY tidak mau ketinggalan untuk ikut andil dan menjadi juara pada kompetisi bergengsi di bidang robotika ini. Termasuk salah satu tim yang setiap tahunnya langganan menjadi juara, Tim Rosemery UNY termasuk salah satu tim yang menjadi pesaing kuat di kontes robot tari pada Kontes Robot Indonesia (KRI).

Untuk pertama kalinya setelah pandemi. Kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) diselenggarakan secara offline di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya pada 29 Juni - 3 Juli 2022. Tim Rosemery sendiri di tahun 2022 diketuai oleh Leandra Okta Nur Pratama (TE’19) tentunya merasa sangat bangga dengan pencapaian Tim Rosemery di tahun 2022 ini. Didampingi dosen pembimbing tim Robot Rosemery, Bapak Herlambang Sigit Pramono merasa gembira atas capaian ini dan berharap bisa tampil maksimal dalam KRI.

Tentunya pencapaian tim Rosemery sendiri tidak terlepas dari kerja sama tim yang dibangun dengan sangat baik dengan beragam rangkaian persiapan yang dilakukan sebelum lomba mulai dari persiapan secara mental maupun operasional baik dari operator, crew, persiapan robot yang matang, dan pengecekan komponen elektronik mekanik, serta kostum artistik. “Persiapan mental adalah hal utama yang perlu disiapkan saat pertandingan dimulai, karena ketika mental tidak siap saat terjadi masalah pada robot sering kali berujung panik dan tidak menemukan solusi pada saat masalah tersebut terjadi sehingga membuat hal sepele menjadi ribet”.

Untuk mengikuti perlombaan KRI ini tentunya persiapan robot sangat diperlukan karena Rosemery merupakan robot yang berlaga dalam kontes robot yang menampilkan tarian dimana perlu disiapkan gerakan-gerakan yang lebih luwes dan gemulai, tentunya setiap gerakan dan artistik dari robot yang baru menjadi poin penting yang dapat menarik untuk dipertontonkan serta sesuai dengan tempo lagu tari yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Dengan seluruh rangkaian kegiatan dan persiapan yang telah dilakukan, hasil yang ditorehkan Rosemery juga sangat apik. Meraih posisi sebagai Juara ke-2 di tingkat Wilayah II Rosemery semakin menunjukkan jati dirinya sebagai pesaing yang ketat pada KRI tingkat Nasional. Dengan hasil yang cukup memuaskan ternyata Rosemery pun tetap menyabet Juara Harapan di tingkat nasional.