Prodi S1 Teknik Elektro Uny Kembali Menyelenggarakan Praktisi Mengajar Di Kampus Dengan Narasumber Dari Pt Pembangkit Jawa Bali (Pjb)

Untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia (SDM), memaksimalkan pembelajaran yang ada di kampus dan pengenalan mahasiswa akan dunia kerja, Prodi S1 Teknik Elektro kembali melangsungkan kegiatan Praktisi Mengajar di Kampus yang bertajuk “Sistem Ketenagalistrikan di Indonesia” yang diikuti oleh mahasiswa S1 Teknik Elektro  angkatan 2019 - 2021. Tentunya kegiatan ini yang sangat linear dengan prodi Teknik Elektro dan juga dapat menjadi langkah awal untuk mengenali sistem ketenagalistrikan di Indonesia. Kegiatan praktisi mengajar ini dilangsungkan melalui online conference dengan menggunakan media Zoom Meeting, pada Jumat 10 Desember 2021. Dengan menghadirkan narasumber Ir. Setyanto Kresno Murti, S.T., IPM yang merupakan Manajer Perencanaan & Evaluasi Pemeliharaan PT PJB dan dimoderatori Tina Triasih, M.Pd.

Mengawali sambutan pembuka, Ir. Setyanto Kresno Murti, S.T., IPM menyampaikan sekilas mengenai perusahaan tempatnya bekerja tepatnya PT Pembangkit Jawa Bali (PJB). Tentunya dengan adanya kegiatan pengenalan sistem ketenagalistrikan melalui praktisi mengajar, perguruan tinggi akan menjadi lebih maksimal dalam memberikan cakupan materi dan juga bekal kedepannya bagi mahasiswa yang akan melangsungkan karirnya di dunia kerja terutama yang sedang menempuh pendidikan di prodi teknik elektro. Sejalan dengan hal tersebut lulusan teknik elektro akan lebih berkembang apabila kampus melibatkan berbagai macam kerja sama kemitraan dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kelistrikan. Dalam penyampaian materinya beliau juga mengenalkan peran serta wilayah operasional PT PJB itu sendiri.

Setelah mengenalkan PT PJB, audiens juga diajak untuk mengenal lebih jauh pembangkit listrik, serta memberikan penjabaran mengenai proses siklus PLTU dan juga coal handling system yang terjadi di PLTU. Pelaksanaan praktisi mengajar ini sangat interaktif dimana beliau menyajikan banyak sekali data lapangan yang menunjukan bagaimana kondisi sistem kelistrikan di Indonesia. Berbagai layout PLTU dan juga PLTA di berbagai macam wilayah pun dikenalkan serta dijelaskan melalui gambar ilustrasi yang dicantumkan pada salindia. Pada sesi terakhir beliau juga memberikan pemaparan mengenai sistem kelistrikan Jawa - Bali. Mulai dari alur proses sistem tenaga listrik, single line pembangkit, aliran daya sistem, sistem interkoneksi 150 kV Jakarta hingga rangkuman evaluasi sistem operasi JMB. Melalui kegiatan praktisi mengajar mengenai sistem ketenagalistrikan ini diharapkan muncul sharing pengalaman, ilmu pengetahuan dan teknologi antara praktisi, dosen dan juga mahasiswa sehingga mampu berkembang dan bermanfaat lebih banyak. Kegiatan praktisi mengajar ini sangat sukses mengundang antusias dan minat mahasiswa prodi S1 Teknik Elektro UNY untuk mengetahui lebih jauh mengenai sistem ketenagalistrikan.