Kuliah Tentang “Implementasi Sistem Kontrol Di Industri” Dari PT Mitra Ekatama Expertech

Untuk mengembangkan pengetahuan dan mempersiapkan mahasiswa untuk terjun di industri khususnya bidang sistem kendali otomasi, prodi S1-Teknik Elektro mengadakan kegiatan  Praktisi Mengajar di Kampus melalui model webinar. Dalam Webinar ini membahas mengenai Implementasi Sistem Kontrol di Industri.

Webinar ini dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Desember 2021 dengan pembicara Edwin Ardiansya, S.T., S.E. yang berprofesi sebagai Project & Engineer Manager di PT. Mitra Ekatama Expertech dan dimoderatori oleh Tina Tinasih. M.Pd yang merupakan Dosen Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sistem kontrol adalah salah satu bagian yang paling penting bagi para engineer dan sangat wajib bagi mahasiswa untuk tahu dan memahami sistem kontrol di perindustrian. Pada kesempatan kali ini  Edwin Ardiansya, S.T., S.E banyak memberikan pandangan mengenai sistem kontrol yang ada di perindustrian-perindustrian besar. Beliau memperkenalkan berbagai macam perangkat sistem kontrol yang biasa digunakan di perindustrian besar antara lain HMI, PLC, SITE, MCC, dan masih banyak lagi.

Beliau juga menjelaskan secara rinci mengenai sistem pembuatan suatu panel kontrol mulai dari perencanaan sistem,jadwal pelaksanaan, pembuatan program serta gambar layout komponen,gambar rangkaian pengkabelan, eksekusi perancangan komponen, pengkabelan, simulasi, sampai finishing.

Beliau mengatakan bahwa  “Di era Industri 4.0 ini hampir semua perusahan-perusahaan besar sudah menggunakan sistem kontrol yang terhubung ke jaringan”. Banyak keunggulan yang didapatkan dengan menggunakan sistem kontrol yang terhubung ke jaringan antara lain :

-Semua peralatan industry terhubung ke jaringan/ online/ internet.

- Efisiensi proses produksi – AI, Robot, Remote/online control & monitoring,dll.

- Efisiensi pengambilan keputusan – Realtime reporting, Tracking, dll.

- Mempermudah maintenance – Predictive maintenance, auto work order, dll

Dan yang paling menarik dari penyampaian beliau adalah beliau mengatakan bahwa “Di era industri 4.0 ini merupakan sebuah peluang besar bagi orang yang belajar dan menguasai di bidang Control System / Automation dan IT, karena semua perusahaan-perusahaan besar di dalam maupun di luar negeri sangat membutuhkan orang-orang yang menguasai di bidang Automation dan IT”.